Thursday, August 2, 2012



ini efek pinterest.

aku memang senang dengan hal busana, entah desain, bermain dengan bahan ataupun mix match. sebetulnya besar sekali keinginan ku untuk kursus menjahit, bukan untuk menjahit baju, karena pikir ku pasti bukan hal yang mudah untuk membuat pakaian yang pas dan enak dbadan. makanya aku salut sekali sama tante penjahit drumah ku.

keinginan untuk kursus jahit sebetulnya 2 tahun lalu, karena aku merasa banyak hal yang bisa aku buat dengan menjahit, tapi sayang keinginan itu berlalu begitu saja tanpa finalisasi yang nyata, aku hanya berhenti sampai mencari tempat jahit yang dekat dan tidak terlalu mahal. dan sudah.

dulu, waktu masih dbangku sma, aku pernah menjahit dengan tangan. dan menghasilkan 2 buah celana kulot waktu itu, aku ingat aku mendaur 2 rok batik mami menjadi celana kulot. membanggakan sekali kala itu.

dan saat berasik masuk dengan pinterest, aku sering menemukan tante-tante bule membuat pakaian dengan sangat mudah, tanpa pola. aku jadi teringat jahitan tangan ku dulu, yang memang asal potong tanpa pola.

dan ini adalah legalisasi hehehe. menjahit tanpa pola, ah itu sah-sah aja hihi.

******

aku memiliki banyak sekali bahan untuk jahitan, 1 karung. aku memilih 1 bahan kaos strip merah putih, persembahan dari salah satu kastemer ku yang memproduksi pakaian ber-merk MANGO. banyak sekali bahan yang ku dapatkan waktu itu, dan sebagian besar sudah berpindah tangan, dalam bentuk potongan syal unfinished hehhe.

terpikir untuk membuat rok panjang. karena aku gak bisa memasang resleting, yang terpikir oleh ku adalah, penutup rok dengan cara diikat.

memotong seada bahan, lalu menjelujur bagian atasnya untuk membuat kerutan. aku memotong sedikit untuk bagian pinggangnya, menyatukan dengan rok.

walaupun aku sudah mengukur pinggang ku dan bahan, tapi ternyata ketika selesai lebar pinggang rok itu lebih lebar dari pinggang ku, tapi malah ini menjadi hasil yang lebih baik. karena aku cukup melibatkan rok itu, dan ikat. tanpa perlu menjahit lagi sisi pinggirnya.

uhmm ternyata, susah juga mendiskripsikan apa yang aku kerjakan dengan bahan itu hahahha.

dan well, aku menyelesaikan rok pertama ku dengan jahitan tangan, mulus tanpa mesin, mungkin dalam waktu 2 jam saja. dan tancap gas, langsung aku pakai keesokan harinya.

ini menjadi yang pertama, dan akan ada banyak proyek ku selanjutnya.

No comments:

Post a Comment