Tuesday, July 24, 2012


ini tentang perasaan. bukan, bukan perasaan ku untuk kamu. tapi ini tentang rasa tentram dan tenang dhati.

apa yang biasa kamu minta saat berdoa kepada Allah? kalau aku, selain sederet keinginan panjang ku, aku selalu memohon dberikan ketenangan hati. doa itu seperti sebagai sebuah urutan saja, mengalir tanpa peresapan dalam.

pasti semua tauk, rasa hati yang tentram dan tenang membuat hidup terasa lebih nikmat dan indah, tanpa beban. entah karena permasalahan, atau hanya kegundahgulanaan yang gak jelas berpangkal.

saat pengajian madrasah muslimah yang aku ikuti minggu lalu, bunda ningrum mengatakan tentang itu. orang islam gak akan galau, gak akan bete, karena keyakinan akan adanya Allah yang mendampingi, ada Allah. aku mendengarnya, mencoba meresapinya, dan meyakinkan itu.

dan semalam, saat menyaksikan tayangan ramadhan di anTV, chatting dengan YM. aku seperti diingatkan kembali, saat ustad yusuf mansur mengatakan. temannya syukur adalah sabar dan ridho. syukur dengan segala kenikmatan yang ada, sabar atas cobaan yang sedang dberikan, dan ridho akan keputusan allah untuk kita. aku mendengarnya, mencoba meresapinya, dan meyakinkan itu.

rasanya klop sekali yang dikatakan bunda ningrum dan ustad yusuf mansur.

tapi semalam, aku gak bisa tidur, hati ku gak tentram, ada rasa resah gelisah curiga dan syak wasangka. aku gak tenang. aku meyakinkan, bahwa ada allah dan aku ridho atas keputusanNya terhadap ku. entah karena keyakinan itu merasuki ku, atau aku sudah kelelahan, djam 12 lewat pun akhirnya aku gak tersadar, tidur.

Allah maha mengetahui atas kegundahan hambaNya. selesai sahur aku melanjutkan bacaan Quran ku dan lagi, Allah mengarahkan ku dengan surat ke 13 Ar-Ra'd di ayat 28 "orang orang yang beriman dan hati mereka tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah dengan hanya mengingat Allah hati menjadi tentram".

hati ku terasa terguyur air sejuk, begitu menyenangkan dan menentramkan. Subhanallah, semua petunjukNya begitu jelas, dan betapa bodohnya aku selama ini yang seakan lupa akan keberadaan Allah dsetiap galau dan gelisah ku. Allah yang punya Kuasa, dan bisa menentukan segalanya dengan cara yang amat sangat mudah bagiNya, bila memang Allah mengizinkan.

ya Allah, biarkanlah hati ku terus selalu menyebut namaMu, dan jagai ku dari segala penyakit hati, beri ketenangan dan ketentraman. Kau pemilik segala hak atas langit dan bumi, serta isinya, dtanganMu ya allah segala bisa terjadi. beri aku selalu petunjukMu, ya Allah. jangan biarkan sedetik pun aku berpaling, jangan biarkan ya Allah.... kabulkanlah, kabulkanlah...


No comments:

Post a Comment