Friday, June 22, 2012


4/6/2012
"om, neng kan ulang tahun tanggal 20 nanti", aku menelpon om, swami rose
"iyah nen, bener bener...", om menjawab semangat
"aku pengen kasih kejutan, om bisa gak atur pulang kantor untuk dateng bareng anak-anak ke sushi miyabi depok?", aku memulai menyampaikan rencana ku
"bisa nen.. bisa..."
"nanti om aku kasih baju seragaman keluarga, om simpan dulu drumah, dan yang buat eneng om kasih pas datang ke sushi"
"eneng pasti gak nyangka om dan anak-anak akan datang, kan", aku meneruskan
"wah, keren banget.. saya udah terharu duluan nih"
"tapi kalo bajunya tarok drumah, takut ketauang nen", om melanjutkan
"uhmm berarti pas hari H aja yah om ambil kekantor, aku cuciin dulu"
"bajunya saya yang bayar yah"
"jangan om, ini hadiah dari aku dan rini kok, tenang ajah"

sip, om mendukung dan memudahkan rencana kejutan yang aku buat. aku tinggal memesan kaos family.

******
5/6/2012
aku meng-goggle untuk kaos couple, wow ternyata bagus-bagus sekali modelnya. dan tidak mahal harganya. setelah melakuan beberapa pilihan dengan rini, akhirnya pilihan kami jatuh ke keluarga bart simpson. warna merah adalah warna kesukaan rose dan keluarganya.


agak ragu juga dengan ukuran yang ada. sepertinya ukuran untuk anak-anaknya kurang pas, bila mengacu pada info penjualnya. tapi gak papa, coba aja dulu. toh hari masih jauh, kalaupun ternyata gak cocok ukurannya masih bisa cari lagi. pikir ku dan rini.

dan tanpa halangan, keesokan hari pun kiriman datang. dengan hati-hati kami membongkar kiriman, takut rose datang dan melihat kami. senangnya, karena packingnya bagus, semua kaos terkemas dalam kantong bahan kaos warna merah. dan betapa lega hati, ternyata ukuran anak-anaknya pas banget dengan ukuran caca dan nayla. alhamdulillah.

masih aku dan rini berdiskusi, rose datang, apalagi mata kami sudah miring ke kiri jadi kalau tidak dari dekat kami tidak bisa mengenali. sukurnya, rini melihat lebih cepat dan memberi kode. aku langsung menendang kaos-kaos itu ke kolong meja. pffuiiihhh alhamdulilah rose gak lihat. aku dan rini terkikik geli, seperginya rose.

******
19/6/2012
tanggal 20 akan datang besok, dan ternyata setelah aku cek ulang, malah ukuran baju rose yang terlalu kecil. itu ukuran aku banget, itu pun ukuran ku jaman jahiliah dulu hihii, ketat.

usulan ku untuk menggunting lengan, lalu memotong bagian kiri kanan dan menambahkan dengan bahan kaos warna merah ku, dtolak rini. takut berantakan hasilnya. padahal lucu juga kan, jadi rompi.

"kita beli kaos merah yang besar", aku memulai rencana
"terus gambar emaknya bart simpson dikaos lama gue gunting"
"terus gue tempel dkaos merah yang baru, gemanah?", lanjut ku
"nempelnya pake apaan?"
"dibordir lah bodoh...", aku menjawab gemas
"boleh juga tuh.."
"berarti kita ke ambas ntar pulang kantor yah?"
"ke pejaten aja deh, deketan", rini menawar, maklum rini baru saja pulang dari madiun tadi pagi
"bajunya kek geneh ajah nih", aku menunjukan tumpukan kaos batwing dari uchie yang baru saja datang
"eh ini ada kali warna merahnya?", otak rini mulai cemerlang
"gak ada, cuma marun", jawab ku

gak percaya dengan jawaban ku, rini membongkar kardus berisi kaos batwing, dan aha!
"ini merahnya cocok, nen!", seruk rini senang
"wuih, top! pas"

alhamdulilah kami diberi kemudahan.
"besok gue bordir deh, dmanah yah? uhmmm"
aku dan rini buntu pikiran
"gue dateng telat deh, gue ke pasar rebo dulu, keknya ada tukang bordir"
"okeh", selesai kami deal

malam tiba drumah, aku langsung menggunting gambar emaknya bart simpson dari kaos lama. ternyata aku ragu, bagaimana bila besok gak ada tukang bordir yang  bisa ditunggu?, ah gue bawa jarum benang ajah, tinggal kerjain dkantor. tapi uhmmm, kalo gue sibuk mana mungkin bisa tenang ngerjainnya yah?, pikiran ku masih berputar-putar ragu.

dan jam 9 lewat, hati ku memutuskan lebih baik aku yang jahitkan aja sekarang. dan besok bisa tenang. akhirnya aku pun menjelujur sepinggiran gambar itu,  berpindah dari satu posisi ke posisi lain untuk mengusir kebosanan. dan akhirnya hampir jam 12 malam, aku pun selesai.

hasilnya? uhmmm bagi ku, ini memuaskan.

*******
20/6/2012 : 09:00AM

"om, kkantor jam berapa ntar?"
"jam 11an yah nen"
"okeh"

ternyata om gak datang, karena tugasnya jauh dari jangkauan ke kantor.

*******
20/6/2012 : 11.30AM

aku dan rini menuju sevengrain setelah rini menyelesaikan transaksi perbankannya. cepat kami memilih, mixfruit cake, ukuran kecil yang mungkin bisa langsung kami habiskan berenam.
"wah harus tarok dkulkas nih, dad.."
"tarok dkulkas aja diatas, ntar bungkus plastik item aja"
"sip"

*********
20/6/2012:01.30PM

"om, jadinya mo ambil jam berapa?"
"pulang kantor aja yah, nanti di sushi jam berapa?"
"aku dari kantor jam 5.30, om sih gak masalah sampe sana jam berapa yang penting masih ada kita"
"ok deh, makasih yah nen"

*******
20/6/2012, 06:10PM

om mengambil titipan kaos dari pak ican. dan melaju cepat menuju depok. setiba drumah, langsung mencari nayla.
"bu.. tolong pakein nayla baju ini yah, celananya juga", om meminta bantuan ibu
"saya solat dulu bu"
"ada apaan sih, kok buru buru amat", ibu komentar keheranan
"ada acara bu"

caca sedang drumah mbak rubi, kakak ipar rose. hampir saja om kehilangan momen, pas om tiba dirumah mbak rubi, caca sudah siap diatas motor bersama mbak rubi, sepertinya mereka ingin pergi.
"caaaaaaaaaaa... tangkap ca!", om berteriak sambil melempar kaos merah untuk caca
terkejut dan caca menangkap cepat.
"langsung pake, hayuk kita pergi"
"mo kemanah sih yaahhh", caca bertanya-tanya sambil mengenakan kaos barunya
"mama ulang tahun, kita dtungguin tante inen direstoran"

sedikit lega, karena semua sudah lengkap. motor om pun melaju cepat.
"caca belum beli kado, yah"
"kirain tanggal 20 juli", lanjut caca dengan nada sedih
"gak papa, nanti ajah"

******
20/6/2012 06:12PM

kami tiba di sushi miyabi.
"eh gue ke toilet dulu yah..", aku menjauh dari rini dan rose dengan membawa kresek hitam

"mbak, temen ku ulang tahun, dan nanti minta tolong kuenya dkeluarin kalo saya kasih kode yah..", aku menjelaskan ke kasir sushi
"baik, kak", seorang pramusaji yang mendampingi mengiyakan
"makasih yah", aku merunduk-runduk dalam

*******
20/6/2012 07:15PM

"om kalo dah mo nyampe kasih tauk aku yah, biar aku siap2", sms ku untuk om

beberapa saat kemudian, om membalas sms ku dengan menelpon ku. duh, aku ddepan rose
"halo, kenapa pak ican?", aku berpura
"nen, saya udah mo nyampe yah",
"okeh pak, makasih yah"

*******

dan akhirnya om, caca dan nayla berdiri bertiga tepat dbelakang rose, dengan wajah bahagia. memberikan kejutan untuk mama dan istri tercinta.

dan kami larut dalam bahagia, karena berhasil menghadirkan orang-orang tercinta rose dhari spesialnya.

Met ultah, neng!

No comments:

Post a Comment