Monday, June 11, 2012

aku penikmat tidur, walaupun sepertinya aku gak penidur banget deh. aku gak bisa tidur dsembarang tempat, semisal kursi atau dikendaraan umum, aku memerlukan tempat yang betul-betul membuat ku nyaman dan bisa menikmati tidur ku dengan total.

kurang lebih aku membutuhkan 7-8 jam untuk tidur malam. menurut rini, hanya bayi yang memerlukan itu, orang dewasa cukup 6 jam. tapi yah getuh, kalo aku berasa tidur ku kurang, entah karena tidur telat atau terbangun cepat, pasti aku merasa gak nyaman setelah itu, kepala pusing, gak bisa konsentrasi.

normal aku tidur jam 10-11 malam, terbangun di jam 5 untuk sholat subuh, dan lanjut tidur lagi hingga jam 7. aku tidak bisa sembarang bangun, aku memerlukan teknologi untuk melakukannya. yah ALARM, aku memerlukan alarm.

alarm aku set jam 5.00, dan 6.40. tanpa teknologi itu, djamin aku bisa terbangun jam 7.30-8.00. mungkin tidak lazim, paling tidak itu yang pernah aku dengar dari tipah, alarm ku berbunyi halus sendu mengalun. aku begitu menyayangi diriku:d, aku tidak ingin aku terbangun karena ada ada guncangan ditubuh ku, walaupun itu dalam bentuk bunyi alarm yang kasar bertalu.

"itu bunyi apah?", tanya tipah heran mendengar alunan alarm ku yang meneduhkan, saat aku menginap
"alarm gue"
"heh??? alarm bunyinya kek getuh?
"iyah dong!"
"yakin lu bisa terbangun dengan alarm kek getuh?"
"yah gak yakin dong!"

yah begitu, perilaku ini juga yang membawa aku gak pernah membangunkan orang tidur, kecuali memang penting sekali. itu pun dengan sentuhan halus, dikaki atau lengan. atau kadang, aku hanya memanggil dengan suara pelan, bila sang pelaku tidak bangun, aku mengganggap aku tidak berhasil membangunkannya. sudah.

kadang, setelah aku merasa tidak berhasil membangunkan, aku akan menyelimuti, menutup sekujur tubuhnya. biar makin hangat dan tenang.:d

*******

itu alarm ku.

aku pernah mendengar alarm ganas milik temen ku, jeje, duh! harga diri aku terasa terinjak-injak, terkoyak-koyak, hancur berkeping.

waktu itu, aku jeje dan depih berkelana di kota yogya. hancur rasanya kedamaian kota yogya, saat terpaksa aku mendengar alarm jeje, yang uuggggggghhhhhhh menggelegar, volume tinggi dan lengkingan. entah, sepertinya itu sebuah lagu, atau cuma jingle yah, musik keras dengan nyanyian good morning good morning.. rasanya ingin aku banting.

dan dengan suara sekeras itu, sang empunya tetap gak terbangun, sementara gue??? gueeeeee nyaris pengen menghunus pedang panjang dan menghujamkan ke tubuh jeje. udah getuh, dia punya hp super canggih, tiada seorang pun yang bisa matiin itu alarm itu. dan bayangkan deh, jeje tetap gak terbangun sampe itu alarm mati sendiri. pffuiiiihhhh kenikmatan duniawi gue, lenyap!

sebangunnya, jeje cuma nyengir dan menatap dengan mata polosnya saat aku komplen keras mengenai bunyi alarmnya itu. hasilnya cuma bikin aku tertawa geli. untungnya setelah itu alarmnya sudah tidak diaktipkan lagi.

*******

itu alarm jeje.

mungkin kamu kenal dengan indah, teman baik ku seorang chic-ers. saat itu, aku abang anne indah prima ikutan kemping di gunung halimun sukabumi, bersama sebuah komunitas yang dikenal prima.

asik, pasang tenda milik abang dtengah hutan, bersama puluhan tenda lain. menikmati menu sederhana saat dingin menggigit yang membuat kenikmatan makan menjadi berlipat. mendengar suara binatang malam, walau langit tak berbintang. sayang, hujan deras datang yang berujung pada proses evakuasi kami ke kantor petugas pemeliharaan hutan.

kami berkumpul dsebuah aula besar, ruangan tertutup. dan kami merasa aman ddalamnya. menyelesaikan acara malam kami yang sempat tertunda, hingga akhirnya malam membawa kami dalam kelelapan.

mungkin masih jam 4 pagi, atau lebih sedikit. tidur kami terganggu oleh bunyi alarm dari sebuah ransel, sebetulnya bunyi alarm itu bervolume dan bernada yang manusiawi. tapi dsaat sepi tingkat tinggi, suara itu begitu menggelitik kami.

"ih, sapah sih oon banget sih diliburan kek geneh masang alarm", gerutu indah sambil merapatkan jaketnya
"gak tauk tuh..", aku mencoba celingukan mencari asal suara
dan alarm itu mengulang kembali. membuat indah makin keras gerutuannya.
"duuuhh matiiin doooongg alarmnyaaa masih ngantoookkk", akhirnya indah protes dengan suara agak keras
hasilnya semua mata dan telinga sibuk mencari cari. semua hampir terbangun dengan komentar senada maupun dicampur canda.

sepertinya tidak ada yang mengenali bunyi alarm itu.

suara alarm itu kembali berbunyi. akhirnya aku dan indah sedikit bergerak mendekati sumber, dtumpukan ransel disudut ruangan. sedikit mengais dan akhirnya kami menemukan ransel sumber bunyi itu.

dan itu adalah ransel indah, dengan hp mungilnya yang terus berbunyi membangunkan.

******

itu alarm indah.

bagaimana dengan alarm kamu?

No comments:

Post a Comment